3 November 2016

StuNed Info Session

hay semuanya!


StuNed Nuffic Neso
Aku hari ini bahagia, bisa bertemu dengan orang-orang yang sefrekuensi. Yang bisa diajak ngomong panjang lebar tentang banyak hal yang aku suka atau issue yang aku suka. Hari ini aku jam 9 pagi datang ke Holland Scholarship Info Session di GSP lt 1 banyak informasi yang aku dapatkan dari presentasi yang dipaparkan dan bahkan aku merasa paling banyak dapat info berguna dari sesi tanya jawab karena tumben banget tadi yang nanya pertanyaannya bagus-bagus dan to the point, biasanya perntanyaan seminar-seminar gitu menyebalkan dan halo-itu-bisa-kamu-temuin-di-websitenya. Saran aja sih, jadi gini untuk para peminat seminar atau para peminat apapun yang pengen ketemu sama orang baru, institusi baru, wawancara baru, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah tau kamu mendengar atau berbicara dengan siapa. Itu kayak first rule banget bahkan dalam wawancara kerja atau scholarship atau apapun aja kamu harus know so well, dan misal saat akhir sesi wawancara kamu ditanya 'apa kamu punya pertanyaan untuk kami?' mostly orang ga tanya tapi padahal menurut beberapa artikel yang aku baca di quora dan bussines insider(aku lupa buat nyimpen linknya-_-) HRD itu akan notice banget sama orang yang tanya karena HRD akan tau: oh orang ini emang interest mau masuk sini, oh orang ini emang ga main-main nyoba kesini dan lain sebagainya karena dia tanya yang artinya udah kepo dan know so well. JADI first thing that you have to do pas mau ketemu siapa aja menghadiri apa saja adalah tau banyak, biar pertanyaanmu itu mutu juga.

Hasil gambar    Hasil gambar

Terus kemudian tadi pas akhir pemaparan (kebetulan stuned yang dikelola nuffic neso ini emang beasiswa khusus orang indonesia untuk studi ke belanda) oleh ibunya yang bersemangat banget buat mahasiswa indonesia untuk pursue higher education bilang: dari semua yang dipaparkan ini sebenarnya langkah pertama yang harus kalian lakukan adalah 'Kuatkan Niatnya, Kuatkan Why-nya, why you want to study abroad? why you want to take a master degree in sanitary engineering program? why netherlands? why unesco-ihe? why tu delft? dan why why lainnya. Jadi biar bulet, specific dan make sense, gapapa idealis, jalan itu pasti ada kok karena yang namanya take master apalagi di luar negeri itu mental strengthnya harus kuat, jadi saat why dalam diri kamu kuat ya external challenge bisa lah kamu hadapi karena kamu ga harus lagi melawan dirimu kamu tinggal melawan tugas, kehidupan sehari-hari dan lainnya yang berasal dari luar.'

Kalau kata masku: Tough(dibaca taft)-nya harus oke (aku heran kata Tough itu baru ngetren apa ya soalnya aku denger dari presdir-dirut-ceo yang ngisi seminar di kelas kewirusahaan beberapa kali dan ibunya tadi juga bilang). Jadi jangan hanya karena hal-hal yang general seperti saya ingin memakmurkan masyarakat indonesia di bidang pangan dan akhirnya bisa swasembada pangan dengan saya studi di food security misal, jauh banget ga realistis dan spesific. Terus ibunya memberi contoh tentang salah satu awardee dari sumatra yang dia berminat di sanitary engineering, di motivation letternya dia cerita kalau di daerahnya penduduk yang mempunyai akses ke clean water and hygiene sanitation hanya sebesar 10-20 persen (berapa ya aku lupa) makanya dia pengen master itu terus dia bakal balik ke daerahnya dan ingin setidaknya menaikkan angka tersebut jadi 60% dengan ilmu yang udah dia dapat, gituu dan toh univ yang dia pengen sangat relevan juga. Terus aku manggut-manggut kenceng dan berbinar matanya(lebay padahal duduknya depan sendiri tapi gapapa). Dan dari beberapa artikel yang pernah aku baca tentang curhatan dosen yang pernah mewawancarai calon awardee lpdp kasusnya juga sama kayak yang dialami ibunya itu banyak why yang ga specific atau ga realistis atau terlalu jauh, dan artikel dari pak Rhenald tentang pentingnya meaning betapa kamu harus paham meaning apa yang kamu lakukan dan itu sih artikel yang menurutku relevan: trade off. Nah kemudian tadi ibunya juga menyarankan baca artikelnya yang dia buat di sini: Mau Mendapat Beasiswa? Buatlah Potret Diri Anda yang "Charming"!
Oke jadi gitu tentang nuffic neso kalau kamu emang pengen kuliah lagi dari semester 5-6 lah udah paham kamu mau ambil master apa dimana udah nyari dan persiapan.

Website tentang Nuffic Neso Indonesia dan StuNed:
Studyfinder (website database Uni di Netherlands beserta coursenya, jadi kamu di web itu bisa cari mulai dari masternya, kotanya, berapa tuition feenya, dan websitenya for further information)

bentar aku sambung nanti (aku gajadi mau nyambung capek)
jadi beberapa hari ini aku sakit flu batuk pilek dan pusing. gakaruan dan masih banyak hal yang perlu diurus ini itu akhirnya yang lain jadi keteteran. taukan rasanya gimana? sedih nyesel sambat mulu maafin ya Allah.
Oh ya setelah dilihat-lihat lagi blogku ini tulisannya ga rapi ya, udah ga rapi ga berkualitas lagi kebanyakan wkwkw. Emang awalnya blogku ini hanya untuk sarana curhat dan menumpahkan segala rasa, opini dan apapun hal yang menurutku menarik lainnya. Berhubung sekarang kayaknya banyak yang tau (sok-sokan) mungkin sekirannya aku perlu membuat image dan citra blogku ini menarik dan berkualitas. Sepertinya aku akan berbenah, mulai dari ga nyepam gambar, quote, dan apapun lainnya kecuali artikel atau konten ke blog. Itu semua akan masuk ke tumblr disini hanya tempat cerita panjang-panjang, seperti blog bagus pada umumnya. Semoga berkah ya.

btw aku merasa mulai banyak orang yang mengunjungi blogku, dan peaknya lumayan tinggi beberapa hari kemarin terus aku baru sadar ternyata blogku dipromote oleh Zahra di blognya :'
Iyaa aku punya temen keren banget calon entrepeneur sukses masa depan kamu harus tau betapa usahanya untuk jadi entrepeneur dan bisa mandiri bahkan bisa memandirikan orang lain dengan memperkerjakannya, kamu bca deh blog kerennya nih zhriftikar :D bookworm juga, jagooo banget masalah: ini packagenya bagusnya pake kertas ini, beli disini, coba ke toko ini, ini ada pasarnya, marketnya disini, bahkan dia tau pola pasar yang sedang berkembang itu seperti apa, dimarketing dengan cara bagaimana. Aku gapaham lagi emang dia sangat seniat itu dan taftnya oke untuk lanjut ke entrepeneur. Semoga kamu selalu di kelilingi oleh orang-orang yang tau potensi besarmu ya zah yang mau mendukungmu dan melancarkanmu, aamiin, Allah bersama dengan hambanya yang mau berusaha, sabar dan berprasangka baik terhadap skenarioNya :'

4 komentar:

  1. Balasan
    1. Waaaa bari :D btw aku lanjut a.2.1 besok tgl 23 nov mulainya bar, senin rabu jumat, Bari masih ifi kan??

      Hapus
    2. Iya, aku masih ifi num. sama kook harinya, aku dari jam 4-6 sore di ruang 7 num. semoga kapan2 ketemu yaps

      Hapus
    3. waah bari aku jamnya 18.30-20.30, iya semoga kapan2 ketemu yah :D bari sekarang level apa? aku lupa, bari kenapa mau les perancis?

      Hapus