About Me

Niesa Hanum Mistoro 

Saya lahir pada tanggal 16 Januari 1996, merupakan anak ketiga dari 3 bersaudara. Saya tinggal di desa Cepor Lor RT 003, Palbapang, Bantul, Yogyakarta. Sekarang saya sedang menempuh pendidikan sarjana di Teknik Sipil Universitas Gadjah Mada. 

Saya merupakan orang yang suka berkegiatan sosial, melakukan kegiatan yang dapat membantu orang banyak sesuai dengan apa yang bisa saya lakukan, kesukaan saya tersebut akhirnya membuat rasa kepedulian dan idealisme saya untuk kebaikan negeri ini terpupuk dengan baik, semakin hari semakin kuat dan saya mempunyai tekat bahwa sekecil apapun hal baik yang bisa saya lakukan untuk negeri ini, akan saya lakukan. Akhirnya saya mulai merealisasikan berbagai program sosial yang saya rencanakan, baik secara individu maupun bersama dengan teman-teman saya, baik melalui suatu wadah maupun saya yang menciptakan wadah itu sendiri. 

Awal masuk kuliah saya menjadi Pengajar Muda Gerakan Teknik Mengajar season 1-2 selama satu tahun, kemudian saya aktif dalam komunitas peduli pendidikan di Yogyakarta yaitu BFM (Book For Mountain) dalam komunitas tersebut saya aktif menjadi fasilitator kegiatan VOLUNTOURISM yaitu suatu kegiatan relawan yang diselingi dengan jalan-jalan ke berbagai daerah di Indonesia tempat proyek BFM. Selain itu, saya juga aktif dalam organisasi pergerakan mahasiswa BEM Fakultas Teknik UGM di Departemen Advokasi dan di jurusan saya aktif berkontribusi dengan menjadi salah satu inisiator Sipil Mengajar. 

Dari berbagai kegiatan tersebut saya belajar dan mendapatkan banyak hal, salah satu yang selalu saya ingat yaitu ketulusan itu menyebar. Saya sekarang sadar bahwa saat kamu menjaga niatmu, menjaga ketulusanmu, tubuhmu akan bergerak sesuai dengan apa yang kamu niatkan, memberikan atmosfer yang sama pada sekitar sehingga dapat menarik orang untuk ikut didalamnya.

Kemudian sekarang, saya dan beberapa teman saya sedang mendirikan sebuah komunitas yang bernama Sanitation For All yaitu sebuah komunitas yang berfokus pada upaya peningkatan kepedulian, serta upaya memperbaiki dan menjaga sanitasi yang layak bagi masyarakat luas. Komunitas ini diisi oleh anak-anak teknik yang akan menjadi ahli dalam penyelesaian masalah teknologi sanitasi. 
Salah satu alasan pribadi saya merintis komunitas ini adalah untuk menyadarkan diri saya bahwa niat baik dan rasa kepedulian saja tidak cukup, saya butuh mengembangkan diri saya lebih jauh lagi dari segi ilmu pengetahuan, kekuatan intelektual, dan penguasaan teknologi sesuai dengan bidang keteknikan yang sedang saya dalami di perkuliahan yang akhirnya bisa saya implementasikan dalam sebuah kontribusi yang optimal.


Di masa depan, saya ingin menjadi seorang ahli sanitasi. Saya mempunyai keinginan yang besar untuk membantu menyelesaikan permasalahan infrastuktur sanitasi yang masih buruk dan tidak layak di berbagai pedalaman Indonesia, mulai dari akses air bersihnya sampai pada pembangunan infrastuktur sanitasinya. Menurut saya ini merupakan masalah penting yang perlu segera diselesaikan kaitannya dengan kebutuhan dasar dan kesehatan serta pola hidup masyarakat. Sehingga suatu saat saya dapat melihat kesehatan masyarakat Indonesia yang semakin meningkat dan tidak ada lagi cerita anak-anak yang sakit pneumonia atau diare hanya karena sulitnya akses air bersih dan sanitasi yang tidak layak.


"Seorang pemimpin pilihan Allah yang disiapkan untuk menegakkan risalahNya. Dengan akhlak yang terpuji senantiasa menginspirasi banyak orang untuk tergerak pada kebaikan. Sucinya hati terpancar darinya membawa sinar kebermanfaatan untuk sekeliling. Terus bergerak hingga kemenangan sudah tidak lagi menjadi impian-Doa dalam sebuah nama"



NB: artikel di atas adalah About Me untuk publikasi peserta Forum Indonesia Muda Batch 18

Allah Maha Baik dengan skenarioNya yang baik. 
Titik-titik kehidupan yang Dia berikan percayalah 
akan mengantarkanmu ke mimpi indahmu. 
Jalani harimu dengan sebaik-baik perlakuan,
dengan seindah-indahnya kebersyukuran, 
dengan seikhlas-ikhlasnya pengerjaan, 
dengan sekhusyuk-khusyunya doa,
Jalani tiap harimu dengan penuh makna
Jangan pernah berhenti berprasangka baik akan jalanNya 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar