15 Juli 2015

Semester 4

Haloo :D

Sekali lagi di semester 4 ini saya mendapatkan banyak hal, belajar banyak hal dan bertemu dengan orang-orang baru. Alhamdulillah, walaupun semester 4 ini mulai sedikit tidak terlalu aktif di organisasi. Tapi that’s it my journey! 

SIPIL MENGAJAR
Di semester 4, saya ditawari untuk membantu mengembangkan program baru di KMTS (Keluarga Mahasiswa Teknik Sipil), namanya “Sipil Mengajar”. Program yang sangat bagus, mirip dengan GTM tetapi sementara program ini hanya untuk warga Teknik Sipil UGM. Program ini merupakan salah satu acara dari rangkaian acara Serawung Desa. Bersama dengan Kemal sebagai pencetus ide program Sipil Mengajar, kemudian kami mulai menjajaki langkah untuk membuat program ini berjalan dengan baik dan lancar yang akhirnya dapat bermanfaat bagi sekitar. Sipil Mengajar dilaksanakan pada 2 Hari di Hari Minggu sebelum acara puncak Serawung Desa tepatnya pada tanggal 8 dan 15 Maret 2015. 


Karena program ini masih awal sehingga belum ada oprec pengajar, pengajar sementara diisi oleh panitia Srawung Desa. Kemudian diskusi asik pun dimulai, dengan mengambil tema Healthy Living untuk hari pertama tentang pola hidup sehat. Bersama dengan teman-teman pengajar yang asik-asik dan keren-keren idenya, akhirnya bahan ajar pun siap dieksekusi. Dengan tema Healthy Living, kita semua pengajar menebar kebermanfaatan menanamkan pola hidup sehat kepada anak-anak di desa Seloharjo. Asik dan Seru! Bertemu dengan anak-anak baru yang emesh emesh, bermain dan tertawa bersama. Dibagi menjadi beberapa pos dengan materi ajar yang berbeda setiap posnya membuat kita betah untuk berlama-lama dengan anak-anak desa Seloharjo. Belajar bersama menanamkan pola hidup sehat dan inilah kebahagian kita pada minggu pertama yeay! 


Kemudian persiapan untuk hari kedua, rapat dan diskusi asik pun dimulai lagi dengan tema Cinta dan Bangga menjadi Anak Indonesia. Tema yang bagus! Dan  kebetulan pengajar yang ikut diskusi berasal dari berbagai daerah di Indonesia, jadi bahan ajarnya pun disesuaikan dengan budaya daerah mereka. Akhirnya selesai diskusi sudah tidak sabar untuk hari minggu. Sayangnya waktu itu hari sabtu sebelumnya saya agak tidak enak badan, dan malamnya badan panas tinggi akhirnya dibawa ke dokter dan diberi obat, perlu istirahat. Sangat disayangkan tidak bisa ikut pada hari minggunya :( 


Alhamdulillah, semua berjalan lancar. Dua hari yang menyenangkan bagi anak-anak dan pengajar, bermain, belajar dan tertawa bersama. Sangat menyenangkan! :D 


GTM Season 4 
Sudah season 4? Iyaaa sudah season 4! 
Jadi...sudah pernah saya pos sebagian tentang GTM season 4 kepada anonim ask.fm ehehe baca disini aja yaaah ;) nanti insyaAllah coming soon buat testimoni GTM dari season 1-4! 






Kedua anak ini(Mei dan Calista)dulu waktu season kedua, atau setahun yang lalu, masih kecil dan masih imut-imut polos emesh gitu. Sekarang udah besar, cepet banget yaa :'











Voluntourism IV 
Daaaaan inilah pengalaman baru yang luar biasa seru dan membuka mata hati pikiran dan jiwa! Momen yang saya merasa sangat bahagia menjalaninya dan merasa mendapatkan banyak hal, pengalaman luar biasa saat dimana saya benar-benar merasa keluar dari zona nyaman rumah. Dan disinilah saya bersama dengan orang-orang hebat, orang-orang luar biasa yang saat kamu tau cerita hidup mereka kamu akan merasa seperti remahan kerupuk di kaleng Khong Guan :’). Tapi saya sangat berterimakasih sekali sudah pernah menjadi bagian dari mereka, menjadi fasilitator mereka yang ingin turut berkontribusi untuk negeri ini. #HelloBROmo!   




Jadi ini dia pelaku-pelaku dibalik Voluntourism IV


Dan ini dia 44 Voluntourist bersama panitia dan anak-anak desa Ngadirejo Bromo dan pemandangan indah lainnya di desa Ngadirejo Bromo! 









Kesan: bahagia. saya baru sadar di luar sana banyak sekali hal-hal luar biasa yang perlu saya temukan. Bertemu dengan orang-orang luar biasa dengan kontribusi mereka untuk negeri ini, baik dan putihnya hati mereka, idealisme dan keberanian mereka, sangat tangguh. Menyadarkan saya bahwa sekecil apapun hal baik yang bisa kamu lakukan untuk negeri ini, lakukanlah. Menyadarkan saya bahwa bukan tentang siapa kamu, apa jabatanmu, apa posisimu, tapi tentang kontribusimu, karyamu, sikapmu dan integritasmu. Saya tidak butuh kamu untuk tau siapa diri saya apa posisi jabatan dan sebagainya saya hanya ingin berteman denganmu dengan aku menghargaimu dan sikapku kepadamu. Ingatkan saya jika melebihi batas dan terjerat dengan keangkuhan status quo, karena saya tau hal itu dapat mematikan pikiran dan hati saya.

Coba bayangkan, bertemu dengan orang-orang yang memiliki semangat tiada batas, memilih jalan mereka sendiri memperjuangkan mimpi mereka dan menjadikannya ada. Menembus berbagai golongan, berbagai tempat dan berbagai kegiatan yang membuat mereka semakin tangguh, semakin menghargai hidup, semakin membuat diri mereka ingin ditantang lebih. Banyak yang menjadi founder dari suatu komunitas besar, pemilik café yang sangat humanis program-program pemasarannya, ada yang sudah keliling Thailand dan Jepang hanya bermodalkan beberapa juta saja, ada yang sudah berkelana Indonesia menjadi fotografer instagram dunia, dan banyak yang lainnya yang menjadi ini itu kenal ini itu tau ini itu jaringan ini itu relawan sana sini. Saat itu saya merasa sangat beruntung, saya dibukakan mata hati dan pikiran tentang menjalani hidup. Standar-standar kehidupan yang sangat formal seperti: kuliah-lulus-kerja-kaya-pensiun-selesai perlahan mulai runtuh, saya dibukakan akan tantangan hidup, tantangan yang menjadikan saya tertatih, teriris, terhujam, dan terkikis, namun perlahan tapi pasti semakin membuat hidup saya lebih berarti, membuat saya lebih menghargai, membuat saya lebih mengerti untuk apa saya berjuang keras pada hidup ini.

Nanti ya, Coming soon cerita detailnya! :3

Alhamdulillah, Dan itulah beberapa keseruan saya di semester 4! Terimakasih banyak atas segala pengalaman, orang-orang dan kejadian-kejadian baru yang pernah bersandar dalam kehidupan saya. Sangat menyenangkan! :') 
Semangat tanpa batas untuk terus belajar, berkarya, dan berkontribusi! 
Semester 5 gimana ya? InsyaAllah saya ingin mencoba sesuatu yang sangat berbeda dari 4 semester sebelumnya. Tentunya masih tetap pada jalan yang positif dan menantang! :)

2 komentar:

  1. Waaaa kereeen banget mbak hanum!! =D
    Kagum selalu sama mbaaak :''D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Putri juga kereeeen :'D dah sampe dunia mana2, pengen jugaaaa
      Sukses terus putriii, semoga Allah selalu menguatkanmu :)

      Hapus