6 April 2017

Book For Mountain: A Journey to Become Facilitator of Volunteer



I've been 2 years(2014-2016) join the community of caring education named Book For Mountain (http://bookformountain.tumblr.com/). I became an educator and performed some role as a facilitator of volunteer teachers in School Mobile (Sekolah Berjalan) program held at least every week, teaching in the remote village around Yogyakarta. I campaigned the importance of Improving Children Reading Interests and I also coordinated the collection of books to create libraries in remote areas  Indonesia (Sawah Lunto, Sumatra and Bromo Mountain, East Java). We conducted VOLUNTOURISM event which has both activities: volunteering and tourism, live with local people while we also become a volunteer. Bring many books, live in with local people and build library there. 



I really enjoy and happy when I can invite my friends to concern with what I think really important. I really honored to be one of this community member because I can meet and getting inspired with these amazing young active people with their different ways of thinking, contributing, and prespective, their courage and idealism, met with people who have no limits, choose their own path to pursue their own dreams. I just realized that there is a great many wonderful things I needed to find out.






5 April 2017

Engineers Go Serving (Gerakan Teknik Mengabdi): An Oasis of Development Education in the Rural Villages of Yogyakarta



I became a volunteer teacher for 2 seasons which mean for one year, two remote villages: Wunut and Ngampon village. Which is then I realized Wunut is one of tourism villages in Yogyakarta, though the access of the village is a long journey with up and down road, and we have to pass some hills to get there, but when we get there we will be provided with a beautiful landscape, natural atmosphere,  and kind-hearted villagers too. 


Almost every week I did teaching and getting along with children in there, helping the elders in villages, inspiring and getting motivated by a lot of children. Learn and play with the kids is so much fun. 

Sadly, there is only one school, elementary school and if kids want to continue their education is difficult because the higher school is too far. 

I taught kids in informal education, like what kind of basic character that human needed: helping the older, healthy living, washing hand in a good way, and so on. 




We also built one library there. I was happy and touching about the process of  this project because it was accidental ideas but we believe that we can make it real. Fortunately, only in one week we can collect many books and stationaries. I was so glad about this experience in my first year in college because I can prove that when we keep our good intentions and sincerity to make a better change and real impact on others people's life and then our body will change it into real actions, and unconsciously we also inspire others. 


I’ve never expected to anything, but it turns out the impact is bigger than I think. I really touchfull when the chief of villages give me a big thankful for what we did, he said: “Thanks for the volunteer teachers, now kids have a big confidence when they meet new people, and they are not afraid to do something new like competition, and you know Hanum, last week some of them become the winner of local competition which was held by local government, thank you for your kindness all this time.”

And it has became one of my happiest moment in my life so far :’)


1 April 2017

25 lessons from a 25-year-old CEO

Last year was a roller coaster. Not only did I hit quarter life, I also became a founder and CEO of my own company. It’s been a beautiful year as Passion Peers grew to a happy and motivated 20-member team. We’ve also had some unconventional projects and implemented digital business concepts for our encouraging clients. As I reflect on everything that happened, I thought I’d share my experience with my peers and fellow entrepreneurs who may have also just stepped into this journey. I realized that you learn difficult lessons about life and work when you relentlessly follow your dream, passion, and ambition. Here are 25 lessons I’ve learned:

1. Passion is misunderstood.
It is fulfilling to fail and struggle with the things you love to do. You’re not alone in your struggles because everyone fails. But the true mark of your passion shows when you pick yourself up from failure and get back up again.
2. Be empathetic.
Growing a team taught me the most important thing I wouldn’t have learned from my corporate job: how to be empathetic. It’s specially important in a startup environment because each individual who joins you sacrifices the comfort or incentive they could enjoy in a bigger company. But they are with you because they believe in your cause and share your passion. 
3. Being a CEO of a startup means getting your hands dirty.
You’re dabbling in HR, business development, and finance. You even need to think about what color your client’s social post visual should be. Don’t be hesitant to wear different hats because no job is too small.
4. Don’t run away from hard work.
The list of things to do will never end. Hard work is not your nemesis. Though it may give you a lot of pain, it also brings out the best in you and makes the journey worth it.
5. Stop finding work-life balance.
When you follow your passion, you will not need to choose between work and life because everything becomes a part of life. So stop, if you are still trying to find that balance.
6. Success = earning your team’s respect.
I thought success would be defined by the money I bring in, but I realized it’s only a measure. The intangible reward for what I sow, however, is earning the respect of my team and clients. That respect goes a long way to motivate you and encourage you to do the right things.
7. Spend time with like-minded people.
A lot of people walked away from my life; a few stayed — those who really believe in what I’m doing. The journey is lonely but this is part and parcel of thinking differently and doing things differently, so spend time with like-minded people who are in the same boat. I recently joined the Founder’s Squad in Singapore, a community where you get to meet company founders every month to discuss your challenges and share your experiences.
8. Find the right talent.
Hire smartly and don’t be reluctant to fire. Coupled with a small budget and tight timelines, finding the right talent is tough. While you may go wrong a number of times, the only way to make it right would be to let those people go. It is better to spend time finding the right fit and building a team who shares your goals.
9. Challenge the status quo.
Make your hard work count by challenging the status quo. My company started as a professional services company in the digital sphere and within two months we expanded to become a platform company. It was important for us to innovate and rally behind unconventional ideas to be seen as a disruptor.
10. Don’t be insecure.
When I started Passion Peers, I had a lot of insecurities. One of them was the fear of losing out. As a result, I almost always said yes to things that weren’t worth it, but I was wrong.

16 Maret 2017

Random

Katanya umur 20an adalah saat hidupmu terswitch dengan ritme yang cukup cepat, level hidup yang cukup besar gapnya. Fluktuasinya tinggi. Maksutnya gimana? Semisal baru kemarin kamu menjalani peran sebagai anak yang merawat orang tua sakit, mengubah total pola hidupmu dan keluarga menjadi lebih sehat kesana-kemari mengurus administrasi di 3 rumah sakit berbeda dengan 2 pasien berbeda, hari berikutnya kamu sudah berada di kerumunan orang pencari informasi beasiswa tak terhitung banyaknya dan kamu bertemu dengan orang asing yang sangat baik sekali yang akhirnya menjadi korespondenmu, sorenya kamu sudah di kereta siap menjalani peranmu yang lain sebagai seorang tante sekaligus nanny dan lagi kamu melihat hal-hal lain di kota lain, banyak pelajaran yang kamu dapatkan. Tiga hari kemudian kamu sudah di ruang kerja mengerjakan tugasmu dengan profesional dan banyak tuntutan, malamnya kamu sudah di tengah kelompok pecinta buku yang kamu dan teman-temanmu dirikan. Siang hari berikutnya kamu sudah di SD menjadi volunteer bersama orang asing, kemudian kamu langsung meluncur untuk liqo bersama gengmu, selesai itu kamu kembali ke ruang kerja. 3 hari berikutnya kamu berkutat menyusuri sungai melihat kenyataan hidup di bantaran sungai, dengan pekerjaan dirty yang kamu lakukan, sampai dianggap pegawai pemerintah yang sedang survey siap menggusur mereka. Kemudian pagi hari selanjutnya kamu sudah duduk manis di ruang pucat untuk ujian ielts. Ditengah-tengah kamu menjalankan peran itu hape berbunyi kabar-kabar menyenangkan dan menyedihkan bermunculan. Dari mulai bertemu dosen, temen-temenmu, relawan, orang asing, kepala dusun, nanny, dan berbagai macam orang lainnya. Tenaga, pikiran, emosi, terswitch dengan cepatnya, dengan mudahnya, dan kamu harus semakin kuat mengontrolnya, memanage waktu dan strategi pengerjaan.

2 Februari 2017

Bani Sudibyo

Jadi ceritanya beberapa hari ini di Yogyakarta dan sekitarnya tiap malam hujan. Alhasil sering kehujanan, padahal juga pake mantol tapi masih kehujanan. Terus sekarang badan jadi sedikit meriang. Padahal besok beberapa hari kedepan mau ada acara-acara 'menarik' dan deadline 'menarik'. Kebetulan tadi juga udah telfon anak kecil keponakan cowok satu-satunya yaitu Si Perut Besar yang di Bandung hahaha

Ngabarin kalau besok aku mau dateng kesana, terus minta dioleh-olehin apa sama tante. Sebelumnya beberapa hari kemarin Si Perut Besar ulang tahun yang ke enam. Iya ke enam. Iya tantenya 21 tahun. Nah terus kata ibunya atau Mbak ku. Iya mbakku. Iya aku sama mbakku selisih 17th. Bilang kalau kemaren pas mau ultah Si Perut Besar maunya dibeliin kue ultah sama Tante Hanum. Terus kan terharu ya :') padahal sini sering nggodain dan maenin Si Perut Besar hahahaha. Terus tadi pas telfon 

4 Januari 2017

Kerjasama dengan Winrock International

Baru saja diberi kabar menyenangkan dari Pak Bau Sipetung tentang progres produk kopi sipetung yang akhirnya dikasih nama sama Pak Bau adalah COFFE JAVA TLOGOPAKIS, yeaaah! cool right? udah sampe ada poster dan segala kemasannya! LPK yang dibuat Pak Bau sudah berjalan akhirnya sudah punya cafe kecil sendiri di tempat wisata Curug Bajing dan produk siap dipasarkan :)

terus emang kenapa mbak hanum?
Bahagia dongggg. Kenapa? Emm karenaaa apa yang aku lakukan sekecil menghubungkan orang-orang baik bisa berbuah lebih baik lagi, lebih mandiri, impactnya lebih pas.
Emang mbak hanum dapat apasih? Emm Dapat kebahagiaaan kan udah kubilang :p bahagia saat Pak Bau sering tanya mbak ini gimana ya? mbak seharusnya gimana ya? dan sebagainya, kemudian bahagia lagi saat diucapin terimakasih padahal sini cuma modal ngomong dan ide aja hehe :D terus jadi tau juga pengetahuan tentang dana desa gimana segala peraturan, aluran pendanaan, birokrasi dan sebagainya. Jadi semakin paham celah-celah kecil yang bisa diisi secara efektif oleh mahasiswa kayak aku gini gimana bagian mana sehingga aku bisa menjembatani antara pihak Desa atau masyarakat yang sebagai sasarannya dengan pihak pemerintah yang mempunyai dananya dan programnya. Masih ada yang kurang sih tetapi gapapa yang penting bisa mandiri dan berkembang dulu hehe, aku percaya saat pengembangan desa dilakukan oleh masyarakatnya sendiri, secara aktif memajukan desanya maka kebermanfaatan itu akan sustain. Kalau kepikiran ide, banyak, tetapi tahan dulu hehe.

Alhamdulillah lagi beberapa hari kemarin ditawarin project oleh suatu NGO dari Amerika yang fokus pada bidang pertanian, nama NGO nya Winrock International (https://www.winrock.org/country/indonesia/) gara-gara post-ku di ig tentang Si Connector dan Kepala Dusun, kebetulan yang nawarin itu anak FIM 17 dan sekarang sedang disusun rencana semoga segera bisa dilaksanakan. Wah seneng mbak hanum? Iyah! seneng!!! :D
Tapi perlu dijaga nih hal-hal kayak gini cenderung meningkatkan pikiran-pikiran dan ideku menjadi liar wkwkw perlu dikontrol dan lebih ditata
Terus baru tau bahkan sekarang Sipetung udah punya websitenya sendirii! Pake programnya pemerintah yang sejutadomain itu! padahal baru mau aku bilangin tetapi udah dibuat sama Mas Wasis! wuhuuw keren! Go visit: http://visitpetungkriyono.id/

Allah kenapa Engkau selalu menginginkanku untuk di ranah seperti ini?
Ya aku suka, tetapi kenapa Allah?
Kuatkan dan teguhkan niat hamba untuk menggapai ridhoMu :)
Alhamdulillah untuk titik-titik kehidupan yang selalu Engkau beri, begitu indah, seru, menegangkan, sekaligus menyenangkan!

3 Januari 2017

2016-2017

Tahun 2016 menurut saya adalah tahun yang mengajarkan banyak hal, Alhamdulillah tahun ini sekali lagi diberi perjalanan oleh Allah untuk bertemu dengan orang-orang baru, tempat baru, komunitas baru, pertemanan baru, makna baru. Yang akhirnya membuat saya banyak belajar serta bersyukur atas hidup yang saya miliki. Saya punya notebook kecil daily activities warna orange kertas polos paperart, di notebook tersebut setiap pergantian semester selalu saya isi Evaluasi dan Resolusi. Berhubung banyak yang nulis di blog tentang evaluasi dan resolusi jadi pengen ikutan :p

EVALUASI
1. Bertemu dengan berbagai jenis orang dengan berbagai peran dan kebermanfaatannya
Forum Indonesia Muda
Di tahun ini Alhamdulillah saya bertemu dengan orang-orang baik yang kontribusinya ga tanggung-tanggung impactnya. Mulai dari FIM(Forum Indonesia Muda) yang dimana saya bertemu dengan orang cerdas, kontributif, aktif, passionate dan masih banyak lagi karakter anak FIM yang oke-oke itu :’) tapi ada benang merah yang saya dapatkan dari mereka yaitu kebanyakan mereka seorang kreator. Yang paling saya suka tetep pembicara-pembicara di seminar FIM, sumpah keren banget, keren banget. Insight yang mereka berikan ngena banget tentang kamu mau berkontribusi dengan cara bagaimana, kehidupan ke depan bagaimana menghadapinya, dan lain-lain. Jadi punya gambaran banyak jalan hidup yang bisa dicoba atau ‘gila ya ada gitu yang nglakuin hal itu dan berhasil’. Setidaknya saya merasa menemukan habitat saya di FIM ini hehe. 




KKN
Kemudian KKN, mau cerita gimana ya perjalanan KKNnya panjang bahkan setelah KKN juga masih panjanggggg berlanjut sampai sekarang. Di KKN ini saya ditempa untuk lebih humble, melepas segala atribut kemahasiswaan saya agar bisa berbaur dengan sekitar yang akhirnya dapat melihat dengan jelas, menata tindakan, dan berpikir jernih tentang masalah di masyarakat kenyataannya bagaimana dengan segala aspek yang ada, menemukan solusi yang pas sekaligus efektif untuk dilakukan bersama masyarakat. Di KKN ini saya menyadari bahwa Indonesia itu Kaya banget!!! Sumber Daya Alamnya melimpah ruah! Tetapi kalau tidak bisa mengelola dan mengolahnya dengan baik ya percuma. Simak ceritanya di Story Of Sipetung




Saya menyadari bahwa saya seorang extrovert, suka jalan-jalan, melihat hal-hal baru, kehidupan baru, bekerjasama dengan orang baru dalam ranah yang saya suka (volunteerism). Awalnya saya merasa lelah banyak membantu teman, menjadi yes man, tetapi kemudian saya sadar bahwa dibalik niat yang tulus perlu tindakan yang optimal pula, saya sadar bahwa bukan tentang mereka yang saya bantu tetapi tentang diri saya sendiri bagaimana saya membangun diri untuk 'merealisasikan niat menjadi tindakan nyata'. Perlu belajar lagi membedakan antara antusiasme dengan niat beneran hehe. 

2 Januari 2017

Dea Dinda


Jadi barusan tadi sekitar jam 10 pagi, anak kecil dua keponakan dari Jakarta sudah balik lagi ke rumah mereka. Seminggu lebih satu hari mereka pulang kampung ke rumah Simbah Bantul (maksutnya dirumahku). Dalam rangka libur akhir tahun dan libur sekolah. Keponakanku yang 2 dari Jakarta ini namanya Dea dan Dinda. Dea kelas 4 SD, sering dipanggilnya Uni Dea, jadi Uni itu bahasa Padang artinya Mbak, kalau Dinda kelas 3 SD beda mereka 13 bulan (disebut-sebut terus sama si Dinda: 'iya tante kan aku sma Uni Dea bedanya 13 bulan') dipanggilnya Dinda. Di Jakarta Nanny mereka namanya Mbak Mar, yang pernah aku ceritain betapa masih semangatnya kerja sambil menempuh kuliah malam hari di sana itulooh. Dua anak kecil ini sekolahnya di tempat yang sama deket rumah mereka daerah Keramat Jati, nama SD nya SD Buah Hati. (Ini penting kenapa aku sebut! Nanti ada lanjutannya) 

Di Yogya seminggu emang ngapain aja? 
Maen, nonton maruko-chan big hero moana finding dory tottoro gabosen diulang-ulang, terus gangguin tante, rebutan remote tv sama mbah kokong, ngaji sama mbah uti, baca why, masak sosis bakar, dan masih banyak lagi. Tapi yang paling favorite cuma satu dan itu dilakuin hampir tiap malem selama di Bantul, bahkan kalau ga dilakuin sampe dihitung yaitu: Maen ke Alun-alun Bantul! Ya benar maen ke Alun-alun Bantul! Sampe tantenya aja bosen nganterinnya tiap malem minta ke Alun-alun Bantul :(

Emang di Alun-alun ada apasih?