12 Juni 2016

Semester 6

Selamat pagi semua :)

Aku udah lama ga cerita di blog ini yaa, hari ini aku mau cerita kegiatan yang aku jalani akhir-akhir ini, mungkin selama semester 6 ini yang banyak membuat hidupku berubah, pandangan hidup berubah dan pertemanan yang semakin meluas. Kejadian-kejadian dalam hidupku yang membuat aku terus bersyukur  menyadari bahwa Allah selalu sayang sama hanum :)

SEMESTER 6

Di semester 6 ini aku lumayan banyak memasang target hidup, pencapaian yang aku pengen banget gapai, ambisi itu perlu juga ya ternyata tapi ada beberapa kejadian yang membuatku akhirnya tersadar ambisi semata tidak akan mengantarmu ke tujuan kamu perlu strategi, keikhlasan, dan kestabilan emosi.

1.  Asisten Praktikum Mekanika Fluida dan Mekanika Tanah II
Di semester 6 aku menjadi asisten praktikum 2 matakuliah yaitu Mekanika Fluida dan Mekanika Tanah II yang membuatku cukup banyak melewatkan kuliah karena harus menjaga praktikum. Tapi aku senang karena bisa menjadi pembimbing praktikum adik-adik tingkat, pengetahuanku akan 2 matakuliah tersebut bertambah, filosofi dan konsep dasar juga semakin tertanam, aku juga suka dengan anak-anak 4 kelompok yang aku ampu, mereka mempunyai keingintahuan yang luar biasa, aku sampai malu gabisa jawab rasa ingin tahu mereka wkwkw terus mereka lucu-lucu banyak bercandanya sampai aku kasih surat peringatan gara-gara banyak bercanda wkwkw :)) Yahhh walaupun aku sering memaksa mereka untuk mematuhi timeline dan jangan sampai ngaret deadline tetapi akhirnya mereka semua selesai awal sebelum teman-teman mereka yang lain selesai, bahagiaaa yeaaayy :D

mereka kelompok pertama yang meminta responsi terus foto bareng sama pak BTA :)))

2.  Beasiswa
Di semester 5 kemarin aku menyadari aku boros, banget, tetapi setelah dicek: perasaan aku ga hedon deh, perasaan aku bukan anak-anak kekinian yang update gadged-gadged canggih, tetapi kok boros ya terus aku baru sadar banyak kegiatan yang aku jalani yang itu perlu uang lumayan, kemudian aku menyadari aku perlu uang tambahan untuk program-program yang pengen aku wujudkan baik untuk pengembangan diriku maupun kontribusi sekitar. Selain itu, akhir-akhir ini aku menyadari sesuatu yang sudah terjadi dalam hidupku, titik-titik kehidupan yang  hadir semakin menguatkanku bahwa Allah sedang menjalankanku ke mimpi indah itu yang kemudian aku harus mengikutinya. Bagaimana aku mengikutinya? Timeline hidup. Baru sekali ini aku benar-benar membuat timeline hidup detail yang berisi target, pencapaian, kontribusi dan segala hal menyenangkan yang ingin aku capai dan aku lakukan. Kemudian dari segala keinginan tersebut aku menyusun strategi dan resources, mulai dari investasi apa yang perlu aku lakukan dari sekarang sampai berapa semua total kebutuhan dana yang aku perlukan. Dan jawabannya ya aku perlu beasiswa, aku sudah tau jalan hidup seperti apa yang ingin aku tempuh sehingga aku bisa mempertanggungjawabkan pendapatan yang masuk ke sakuku, akhirnya aku mencoba berbagai beasiswa. Alhamdulillah ada yang lolos sampai tahap wawancara dan pengumuman masih besok agustus atau september, mohon doanya yaa..

3.  Bahasa Perancis
HAHAHAHA iya aku semester ini kursus bahasa perancis disaat teman-teman yang lain getol kursus bahasa Inggris wkwkw dasar pelawan arus, tapi gapapa demi bayang-bayang indah :)) lucu sih saat tau sekelas cuma aku yang background dari anak saintek belajar bahasa perancis teman-temanku sekelas anak HI, FEB, bahkan anak SMA kelas 1 yang pengen masuk HI wkwk gapapa asik dapet cerita-cerita seru obrolan anak-anak humaniora, beda banget sama anak saintek :)) beneran suerr, aku merasa orang paling kudet kayak orang-orangan dari gua kalau les suerrr wkwkw
“Hanum mau lanjut kuliah di Perancis ya?” Enggak, aku ingin lanjut ke Belanda.
“Kok mau belajar bahasa perancis?” Hmmm..Ada satu mimpi indah waktu SMP yang aku inget banget sampai sekarang dan beberapa waktu yang lalu aku mengalami kejadian yang sangat menyadarkanku bahwa Allah sedang menjalankanku ke mimpi itu.
Akhirnya aku mendaftar kursus bahasa Perancis di IFI Yogyakarta. Cukup padet jadwal kursus bahasa perancis yang aku ikuti karena aku mengambil jadwal 3 kali seminggu lundi(senin), mecredi(rabu), dan vendredi(jumat) jam 16-18. Kalau dalam perhitunganku untuk dapat sampai tingkat bahasa Perancis sekelas orang yang mau daftar beasiswa di sana minimal kamu harus tingkat B1 yang kalau aku semester 6 awal sudah ambil kursus 3 kali seminggu itu untuk mencapai tingkat tersebut akan berakhir pada januari atau februari awal tahun 2018 dengan segala pengurangan hari-hari termasuk saat KKN. Sebenarnya ada kelas akselerasi selama 7 bulan tetapi itu jadwal full senin-jumat dari jam 8-16 biasanya kelas tersebut diikuti oleh calon-calon mahasiswa yang sudah siap tinggal berangkat ke Perancis tetapi bahasa belum memadai, gilaaak senin-jumat full muntah…makanya aku persiapkan dari sekarang.

4.  NgFounder BAKTINESIA
Wkwkwkw iya coba, emang pas banget dipertemukan sama orang yang mempunyai keresahan yang sama, ke-tidak-ingin-diam-an yang sama, melihat peluang yang sama, melihat kepedulian yang sama, mempunyai keinginan kuat berkontribusi sesuai bidang yang ditekuni. Kemudian lahirlah BAKTINESIA. Apa itu BAKTINESIA? Penasaran? Tunggu launchingnya yaaa!
Ingat hanum: action speaks louder :)




5.  FORUM INDONESIA MUDA 18 (16-20 Mei 2016)
KYYYAAAAAAAA! moment yang aku merasa paling bahagia merasakannya :’D
Kalau dibilang beruntung, iya! Beruntung banget, ga nyangka banget bakal lolos dan bisa bertemu orang-orang luar biasa yang gila banget kontribusinya, gila banget ide-idenya, gila banget kreativitas dan inovasinya, gila banget ke-tidak-anti-wacanaanya, bertemu dengan orang-orang yang mempunyai pandangan hidup yang sama, misi yang sama, pemaknaan hidup yang sama rasanya bahagiaaaaa bangeeeet :’)
Ngrasa banget: Ya ampun ternyata aku tuh ga sendiri ya gilanya, ternyata aku punya teman, punya habitat di luar sana wkwkw :)
Bertemu temen-temen dari Sabang sampai Merauke dari pulau terluar utara sana, dari perbatasan yang paling batas di Kalimantan Utara sana sampai pulau terluar di Selatan sana. Dalam 5 hari pelatihan di Cibubur aku dapat berbagai macam cerita-cerita unik dari daerah pedalaman yang kalau kamu tau ceritanya: Hah sumpah? Iya mbak? Kok bisa masih ada kayak gitu ya?
Aku jadi tau cerita asli kehidupan suku pedalaman Pulau Buru itu bagaimana, cerita daerah tapal batas Nunukan, Kalimantan Utara seperti apa, terus ada kampung di daerah NTT atau Maluku sana yang tradisinya aneh masyarakatnya masih tertinggal, daaaan masih banyak lagi. Seru! Banget! Semakin bisa ngelihat bahwa Indonesia itu kaya banget! Kaya banget! Tetapi masih banyak masyarakat yang pola hidupnya belum terarah dengan baik.
Dan kamu harus tau juga aku bertemu dengan orang-orang yang putih hatinya, semangat jiwanya, banyak aksinya dan besar dampaknya bagi masyarakat sekitar mereka. Ngerasa kecilll banget waktu di FIM, yaampun hanum kamu belum ada apa-apanya, coba deh liat mereka pantang menyerah melakukan kebaikan, lah kamu baru bentar aja udah banyak ngeluhnya. Dan kamu harus tau cerita menarik lainnya. Akan aku adain sesi sendiri post nya yaaaa.
Di FIM aku merasa menemukan titik-titik kehidupanku lagi dan ini….banyak…beneran…aku sampai heran dengan apa yang aku dapatkan, banyak hal-hal yang tadinya aku hanya tau melalui media atau cerita atau hal yang aku suka banget terinspirasi dan sebagainya, tiba-tiba pelaku-pelaku dari yang aku merasa terinspirasi itu ada didepanku mengobrol dan diskusi…paham ga maksudku…kebayang buat ketemu aja gapernah…ini tiba-tiba pas tau profil orangnya, loh mbak founder ini? loh mas penggagas ini? loh mbak kerja di NGO ini? hah? :’) apah? :’) coba ulang mbak mas gimana coba.









Aku belajar gagal semester ini, banyak kegagalan yang aku dapatkan dan aku sadar kenapa aku gagal, persiapanku kurang, aku masih menyepelekan dan aku masih ambisius dalam artian harus terpenuhi sementara harusnya yang paling utama adalah proses dan mental berani, dibalik banyaknya kegagalan itu aku menjadi Hanum yang lebih berani sekarang, Hanum yang ingin mencoba banyak kegagalan lain malahan, rasa puas dan menyenangkan memang saat kita berusaha keras melampaui batasan-batasan normal diri kita walaupun gagal tetapi setidaknya aku bisa berkata kepada diriku sendiri: see? Kamu hanya takut, sebenernya bisa kan kalau kamu mau berusaha keras dan membuang segera rasa takutmu itu. Selain itu di semester 6 ini, aku menyadari sesuatu bahwa kehidupan sedang memberikanku pembelajaran yang aku bisa sangat merasakannya yaitu Kolaborasi. Aku baru paham penting bangetnya kolaborasi itu seperti apa selain niat baik. Dulu di semester 1-5 aku merasa Allah mengajariku pembelajaran tentang niat, bagaimana menjaga niat baik agar tetap teguh kemudian di semester 6 ini aku sadar niat baik saja tidak cukup aku butuh kolaborasi aku butuh kerjasama aku butuh rasionalitas yang bisa aku pegang agar dapat aku salurkan kepada orang banyak tentang niat baikku. Aku butuh melatih diriku deal with people and problems yang lebih beragam lagi. Nah kemudian di semester inilah aku banyak belajar dari berbagai macam orang, dari banyak pengalaman, dan kemudian di akhir semester ini aku baru sadar yang aku harus benar-benar lakukan. Aku harus fokus pada apa yang ingin aku karyakan, pada apa yang ingin aku kontribusikan, small but powerful, mengingatkan kepada diri sendiri: jangan yes man hanum, jangan ambil banyak, jangan tersulut emosi bahagia berlebihan kadang itu menjerumuskan karena hanya hawa nafsu saja, konsisten pada apa yang sedang kamu kerjakan. Kuatkan bayang-bayang mimpimu itu, lakukan yang terbaik dan biarkan Allah yang berkehendak atas hasilnya, yang penting kamu jangan berhenti, jaga ketulusan dan niat kamu. Pengorbanan itu kebutuhan tetapi itu bagian dari kedisiplinan dan kedisiplinan awal dari kesuksesan.


Okaaaaaay makasih yang udah baca yah ini ada video yang aku suka banget tonton akhir-akhir ini sampai gabosen-bosen, aaaaaak mau bertemu mama, mau ke Larantuka dong, kak Ferra mau ajakin volunteernya Kopernik pliss :’D


3 komentar:

  1. Hanuuuum! Aku lagi blog walking, tau2 muncul blogmu wkwk. Sukses selalu yaa buat kamu:"D btw aku juga LIP lho, naik ke A2.2 skrg. Kok kita ndak pernah ketemu yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bariiii :D makasiih banyak udh mampir blogku, iyaaa sukses buat bari jugaaa :D
      Ohiya? Bari juga les di IFI? Waaah iya ya kok gapernah ktmu, Aku tiap hari senin rabu jumat jam 16-18, aku bsok abis kkn mau lanjut A.2.1, Bari les tiap hari apaa?

      Hapus
  2. Aku pernah selasa kamis, pernah juga senin rabu jumat. Biasanya aku ambil yg jam 18:30 num. Kayaknya aku lanjut masih oktober, semoga siapa tau kita jadi sekelas ntar huehe :"D

    BalasHapus