15 November 2016

Anti Wacana

Bonjour tout le monde! Ca va bien?

Beberapa hari ini saya merasa sangat selo, gatau saya yang menyelokan diri atau emang selo. Dan keseloan saya itu diisi dengan hal yang sangat tidak produktif yang sering saya lakukan yaitu tidur. Ya Benar! saya suka sekali tidur, galau dikit tidur, pusing dikit tidur, kenyang dikit tidur, rebahan dikit tidur, bosan dikit tidur, jadi kalau banyak muda-mudi merasa sangat tidak produktif saat bersosial media atau berselancar di line today, saya merasa sangat tidak produktif saat ketiduran dalam waktu yang lama :( bahkan lebih lama dari porsi saya berselancar di websitenya boredpanda yang sangat menghibur itu. Akhirnya website itu saya banned, block dari kehidupan persosialan media saya. Yang butuh hiburan silahkan kunjungi website tersebut tetapi awas candu menyerang.

Nah karena setiap bangun dari tidur yang ada hanya rasa menyesal, panik, dan buyar, akhirnya saya memutuskan untuk mengisi rasa-rasa mau tidur itu dengan hiburan yang menyenangkan tetapi juga produktif. Yang tentunya selain bisa improve skills juga meningkatkan rasa bahagia saya. The reason behind nya juga karena tadi barusan baca quote yang menusuk di dada dan ulu hati (alay)

"Syaithan memperkuat dirinya dengan hawa nafsu dan segala hasrat yang ada di dalamnya. Jangan sampai engkau tergoda dengan keinginan-keinginan nafsumu. Salah satu bentuk dan karakter nafsumu adalah rasa aman, lalai, kesenangan, kekosongan waktu, dan kemalasan."
-Imam Al Ghazali dalam Tahdzib Mukaasyafah al-Quluub

Astaugfirullahaladzim. Langsung inget diri ini masih dikelilingi hawa nafsu-hawa nafsu tersebut. Akhirnya disinilah saya dengan post judulnya Anti Wacana yang akan menuliskan rencana-rencana ke depan yang tentunya semoga tidak menjadi wacana. oke let see

Review Book 
Jadi beberapa hari kemaren banyak yang tanya kepada saya tentang buku. Num pinjem buku dong. Num kamu punya buku genre apa aja. Num pokoknya aku pinjem buku yang menurutmu bagus buatku etc. Semenjak saya beberapa kali mengepos tentang buku yang saya baca atau beli, jadi banyak yang tau kalau saya suka baca buku. Begitupun setelah saya dan beberapa temen-temen bem teknik membuat grup line: "Bookworm" yaitu kumpulan orang-orang freak penggila buku yang katanya kalau ke bookfest, toko buku, big sale book, dan sejenisnya lebih bahagia daripada diajak makan atau jalan-jalan lainnya, lebih bahagia saat dapat menekuri buku berjam-jam dan sangat bahagia sampai terharu saat melihat buku yang selama ini dicari ketemu(alay, ya mungkin itu berlaku untuk saya saja-_-). Awalnya saya ga terlalu menganggap penting tentang keperluan untuk berbagi atas apa yang saya baca bahkan saya terkesan bersembunyi saat membaca, bukan bersembunyi sih tapi emang kalau membaca ada waktunya sendiri, me time, di kursi goyang rumah yang sangat nyaman itu, jadi ga harus tiap kemana saja baca, jadi kalau ga dipancing ngobrol tentang buku mungkin gatau kalau saya suka baca hehehe.


Kemudian tadi pas waktu selo menyerang dan saya browsing review book bagus dari blog dan website yang sering saya kunjungi: 'Bahagianya ada yang review jadi tau harus beli atau enggak'. Terus sadar dan sejenak berpikir: 'Hmm iya ya oh jadi gini yang dimaksut orang-orang yang suka review buku. Wah beramal ya, bisa membahagiakan orang yang bahkan tidak dikenal dari server komputer ujung dunia lain. Boleh juga, mau dong.' Nah Jadi sesimpel itu alasannya, yaitu karena saya sudah menemukan niat yang pas saat saya ingin berbagi review book koleksi saya. Sebenarnya dulu pernah ada wacana review book gini juga cuma karena strategi perencanaanya yang tidak detail, plan yang tidak matang akhirnya berakhir ke draft doang, terus draft nya usang. Akhirnya dibuang :( Oke doakan yang ini semoga istiqomah ya.

Rencana post Review Book:
a. Introduction: A Brief History of Hanum's Reading Habit and Book Collection
(wkwkwkwkwkwk leh uga nih judul)
b. Most Favorite Book
c. Most Inspirational Book
d. dan lain-lain bebas.
Rencana saya akan memposting review book sebulan 1 kali dulu jadi pada weekend (hari Sabtu) minggu ke 4 tiap bulannya. Nah berarti untuk bulan November ini saya akan mempost pertama kali di laman Review Book pada tanggal 26 November 2016 kemudian tanggal 26 Desember 2016 dan seterusnya.

Clean Water and Sanitation
Saya merasa sangat bersyukur dipertemukan oleh orang-orang yang dapat memahami apa yang saya minati, dapat terbuka dan dapat diajak diskusi atau setidaknya mendengarkan minat saya terhadap issue ini. Bukan dengan berwajah masam, atau tidak tertarik karena baginya tidak penting atau aku-tau-pun-tidak-berpengaruh. Dan dengan orang-orang spesial inilah hidup saya mulai fokuskan, sacrifice saya tinggi untuk mereka. Memang sangat membahagiakan saat kamu berada di sekeliling orang yang mendukungmu dan tau potensi besarmu.

Saya akhir-akhir ini sering diajak Bu Saras, dosen pembimbing, mentor dan supervisor peoject saya, untuk survey ke beberapa tempat mulai dari daerah bantaran sungai, pucuk gunung, dari hulu ke hilir sungai pokoknya. Survey tentang Sanitasi Berbasis Masyarakat (SANIMAS) salah satu program pemerintah yang baru. Di saat-saat survey tersebut saya melihat banyak kenyataan di lapangan program pemerintah bekerja seperti apa, bagaimana birokrasinya, kinerjanya dan sebagainya yang sering membuat saya mengkerutkan kening, memasang muka 'hmmmmmmmm' tetapi banyak juga saya memasang muka dengan mata berbinar dan mengangguk-angguk setuju oleh pendapat TheChiefofVillage yang saya merasa pola pikirnya sangat bagus, kritis dan mempunyai keinginan belajar kuat. Nah terus tumbuh dalam diri saya keinginan agar semakin banyak orang tau dengan orang-orang luar biasa ini dengan kontribusi mereka yang luar biasa pula.

Nah rencana saya akan membagi 2 topik dalam laman ini yaitu
1. Journey On Clean Water and Sanitation Problem, berisi tentang story journey saya selama survey ke beberapa tempat yang sekiranya dapat menunjukkan keadaan di sekitar kita terutama daerah bantaran sungai itu bagaimana. Atau journey saya bertemu dengan TheChiefOfVillage yang sangat menginspirasi and have courage to make better life and better place for their communities.
2. Why Sanitation Matters, berisi tentang sebagian besar opini saya tentang masalah clean water and sanitation, program-program pemerintah dan fakta serta data masalah terkait. Selain itu sebagai ajang saya untuk meningkatkan awareness pembaca tentang betapa pentingnya menjaga lingkungan yang related sama sanitation problem. Please! Saya ingin kalian membuka mata dan pikiran sampai beberapa tahun kedepan fakta dan prediksi apa yang akan terjadi.

Rencananya saya akan memposting tentang issue ini sebulan sekali pada weekend ke 2 tiap bulannya tetapi hanya untuk topik yang kedua: Why Sanitation Matters, sementara untuk topik yang pertama randomly setelah saya melakukan survey. Rencana saya akan mulai memposting artikel pertama saya dalam laman ini tanggal 24 Desember 2016 karena saya UAS minggu sebelumnya hehe maap.

Jogging Tiap Pagi
Saya merasa berat badan saya sudah melebihi kapasitas saya bisa bernafas dengan baik dan lancar. Untuk itulah ini program AntiWacana yang sangat harus segera digalakan.
Rencananya saya akan memulai dari habits setelah sholat subuh langsung menggunakan pakaian olahraga lengkap dan jalan pagi atau jogging sehat. Selain itu program ini akan saya dukung dengan pola makan sehat, pagi: buah, siang: sayur+protein, sore: buah+oat, malam: sayur+protein. Semangat!!

Anglais et Francais
Jadi saya sedang giat-giatnya belajar 2 bahasa ini, karena...............ya emang dibutuhkan untuk masa depan yang ingin saya lalui. Nah berhubung saya orangnya malu (maksutnya malu-maluin), saya belajar english secara otodidak dan take course untuk French. Selain karena harga lesnya yang murah (iya murah banget dan worth it, terus pas aku tanyain mbak kok bisa murah gitu, iya kan pemerintah perancis kaya :'), saya suka belajar hal baru apalagi menghafal feminang maskulang dari benda-benda mati itu menyenangkan(read: menyedihkan). Latihan yang akan banyak saya lakukan diantaranya

Anglais:
Reading English Book,
News Update website keren-keren,
Writing some article on my-secret-blog-to-learn-anglais-francais
Francais:
Take Course, no absent,
Menonton video learnFrench yang host nya sangat cantik itu pas nonton jadi tidak membosankan, emang ya faktor muka itu ngaruh banget :'
Sing a song 'French Song' sudah ada beberapa lagu kesukaan, jadi kalau tiba-tiba denger lagi nyayi lagu francais biarkan saja saya dalam dunianya :'


YAKKK! Itulah Rencana Program-program yang ingin saya lakukan dalam kehidupan saya kedepan. Sebagai wujud dari menghindari hawa nafsu tadi: rasa aman, lalai, kesenangan, kekosongan waktu, dan kemalasan. Yang penting small but powerful, buat hiburan sekaligus beramal dan bersyukur! Wuhuuuw. Bismillah, AntiWacana! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar