4 Desember 2016

Si Connector dan Kepala Dusun


Bahagia hari ini disponsori oleh foto ini.
Semua berawal dari: 'Pak Bau kalau mau belajar kopi atau beli alat-alat buat ngolah kopi, maen ke yogya aja pak, kebetulan saya punya temen dia punya cafe gitu dan sering ngadain kelas belajar kopi, di cafenya juga djual alat olahan kopi.' (read Pak Bau: Pak Dusun)

Selang beberapa bulan selesai KKN, Pak Bau tiba-tiba telfon: 'Mbak nanti sore saya sampe yogya, saya mau belajar kopi di cafe temen sampeyan, rika selak penting mbak pokoke aku kudu belajar kopi secepatnya.'
Waktu itu lagi hectic di kampus tiba-tiba dapat kabar, bingung mau jemput gimana, nginep dimana dan sebagainya, tapi yaudah lah gapapa yg penting niatnya jalan.
Kemudian akhirnya sampai yogya, malam hujan deres langsung ke @dongengkopi udah janjian dengan Mas Renggo buat belajar seluk beluk mengolah kopi dan di sanalah kami yang awam kopi ini diajari berbagai teknik pengolahan kopi, penyeduhan, pengemasan, dan semuanya. Beruntung sekali waktu itu dongeng lagi sepi sehingga banyak waktu untuk Pak Bau yang mau belajar begitu kata Mas Renggo dan Barista dongeng.

Mas Renggo: 'Bapak asli mana to?'
Pak Bau: 'Rika asli pekalongan mas, di sipetung,'
M R: 'Ohwalah bapak dari Petung to, wah bapak harus ketemu Mas Pujo! Dia yg ngenalin kopi petung sama saya, yg ngajarin saya kopi juga.'
M R: 'Mbak tak kasih alamatnya Mas Pujo, mbak nanti anter Pak Dusun ke Mas Pujo ya mbak, harus, pokoknya harus, diselakke(disempetin) mbak'
Awalnya bingung, emang kenapa sih harus banget ketemu Pak Pujo, yaudah coba dihubungi, lewat email karena katanya bapaknya sukanya lewat email. Waktu itu tanya juga keasistennya katanya Pak Pujo sedang keluar kota. Yaudah mungkin emang belum kesempatannya.

Kemudian pagi harinya jam 6 jemput Pak Bau dirumah Fiko temen kkn, siap mengantar untuk membeli alat-alat seduh kopi dan bahan2 buat packagingnya. Waktu pas mau jalan tiba-tiba ada email masuk dari Pak Pujo balesan dari email dgn subjek: 'Mahasiswi KKN UGM dan Kepala Dusun Sipetung ingin berkunjung'

Pak Pujo: 'nggih mbak...walah sorry nembe mbukak email sekarang...saya baru pulang dari semarang...iya Pak Bau diajak kerumah kene tak enteni.'
Bahagia, Allah Maha Baik, skenario yg sangat baik. Terus akhirnya kita langsung meluncur ke rumah Pak Pujo. Sampai sana kita dibuat kaget ternyata Pak Pujo itu dlu pernah KKN di Sipetung juga pas jamannya Kakek/Simbah-nya Pak Bau.

Pak Pujo: 'Walah sampeyan iseh kelingan aku ra, aku mbiyen kkn neng petung pas kowe disunat haha sampeyan cucune Mbah Bau to.' (Kamu masih inget aku ga, aku dulu kkn di petung saat kamu disunat haha, kamu cucunya Mbah Bau kan)
Hehehe, jadi dulu Pak Pujo pernah mengadakan riset di Petungkriyono dan belajar mengolah kopi Petung yang akhirnya telah membuat dia berhasil dan sukses dengan riset tersebut. Terus yang bikin herannya lagi Pak Pujo ini trnyata mantan dekan FIB UGM dan mantan wamendikmud kabinet indo bersatu II pengganti Bu Wiendu, padahal nyentrik banget bapaknya hehe. Dan disana kita dibuatin kopi robusta, dan itu adalah kopi terenak yang pernah aku minum, sumpah! Disana Pak Bau belajar banyak hal, diajarin fundamentalnya mengolah kopi itu bagaimana, jangan hanya melihat dari nilai jualnya saja tetapi mindset pengolahan kopi yang baik dan benar bagaimna.

Pak Pujo: 'Gini aja sampeyan sesuk sinau neng kene bab kopi, 3 dina cukup, aku seneng sampeyan asli wong petung gelem sinau bab kopi sing bener pie, aku pengen balas budi aku sukses mergo risetku ning petung aku oleh ilmu seko petung saiki tak balekke lewat kowe.'
(Gini aja kamu besok belajar di sini bab kopi, 3 hari cukup, aku senang kamu asli orang petung mau belajar bab kopi yang bener gimana, jadi aku ingin balas budi aku sukses karena risetku di petung aku oleh ilmu seko Petung sekarang aku kembalikan lagi lewat kamu.)

Terus langsung mrinding, gila ya :' Allah Maha Baik dengan skenarionya yg baik. Kemudian setelah ngobrol asik dan nyentrik dengan Pak Pujo tentang seluk beluk kopi jam set 9 pagi kita pulang karena harus segera mengantar Pak Bau beli alat-alat seduh dan travel berangkat jam 10 pagi. Waktu itu hectic dengan aku, @zhriftikar yang menemaniku, krna ngejar jam dan gatau pasti ada atau ga alat-alatnya akhirnya nemu tokonya dan kebetulan pas banget deket travel, pun bapak travelnya malah mau jemput Pak Bau. Terus akhirnya Pak Bau pulang ke dusun dengan membawa ilmu kopi dan alat-alat seduh.

'Terimakasih ya mbak aku malah ngrepoti sampeyan terus. Tapi seneng aku mbak iso ketemu Mas Pujo, ra nyono tenan yo mbak.'
(Terimakasih ya mbak aku malah ngrepoti kamu terus. Tapi seneng aku mbak bisa ketemu Mas Pujo, ga nyangka banget ya mbak)

Kemudian kemaren Kamis, Pak Bau kasih kabar:
'Mbak aku OTW yogya mau ke Pak Pujo'

Waktu itu aku lagi KP dan gapaham ini gmna ya, oh ternyata Pak Bau naik motor jadi bisa langsung ke Pak Pujo. Dan akhirnya foto ini yang bikin aku seneng hari ini, Pak Bau sudah belajar kopi dengan Pak Pujo dan siap untuk mengajari warga dusunnya mengolah kopi yang baik dan benar bagaimana di Lembaga Pelatihan Khusus yang dibuat Pak Bau baru-baru ini.



Saya merasa sangat beruntung apa yang telah saya lakukan sangat kecil dan sedikit dibanding dengan apa yang saya dapatkan: kebahagian, ketulusan, semangat ingin belajar, dan semuanya. Rasa terimakasih tulus itu lebih dari cukup buat saya.
Next time mungkin Pak Bau akan belajar lagi di yogya untuk mengolah pupuk kompos dengan Pak Kismiyadi salah satu Kepala Dusun di Sleman yang berhasil mendirikan UKM pupuk komposnya sendiri.



See you


Tidak ada komentar:

Posting Komentar