18 Juni 2015

Sedekah Itu Mudah

Assalamualaykum teman-teman, Alhamdulillah hari ini kita sudah mulai menjalankan ibadah puasa ya,

Bagaimana rasanya puasa hari pertama? Masih belum terasa ya suasana ramadhannya? Atau biasa saja karena masih kepikiran dengan UAS tadi pagi? Yasudah, Yang sudah berlalu biarlah berlalu, semua tinggal kita serahkan kepadaNya, Yang Maha Kuasa atas segala hal. Sekarang yuk waktunya menyambut bulan Ramadhan yang penuh berkah ini dengan semakin mendekatkan diri kepadaNya.

Bismillahirrahmanirrahim,
Temen-temen pernah tidak bertanya atau mungkin heran dengan diri kita sendiri, manusia, pertanyaan seperti bagaimana bisa ya saat aku memikirkan untuk mengambil pensil di depanku kemudian tanganku bergerak mengambilnya dengan otomatis?

Kemudian kenapa tangan ini diciptakan dengan bentuk yang seperti: mempunyai lima jari dan dapat bergerak dengan bebas, telapak tangan yang mempunyai kulit lebih keras untuk menjaga kita dari sensifitas rasa panas dan dingin yang ekstrem sehingga kita dapat menggenggam gelas berisi teh panas dan meminumnya, sementara bagian dari tubuh kita yang lain mempunyai sensifitas yang lebih besar terhadap panas dan dingin yang ekstrem dan kita tidak menggunakan itu untuk memegang gelas berisi teh panas. Sungguh menakjubkan penciptaan manusia itu, diberikan kelebihan yang banyak dibanding ciptaan Allah yang lain. Seperti yang kita ketahui pula, tubuh manusia tersusun atas sejumlah sistem, setiap sistem melakukan fungsi tertentu dan semua saling berhubungan satu dengan yang lain melalui darah dan saraf. Sehingga kejadian seperti mengambil pensil pun dapat terjadi dengan mudahnya, bahkan saat saya mengetik ini pun dapat saya lakukan dengan mudah dan cepat tanpa perlu melihat keyboard misalnya.

Sistem tubuh terbentuk dari organ-organ yang mengandung berbagai macam jaringan. Suatu jaringan merupakan kumpulan sel-sel yang sama, yang melakukan suatu fungsi tertentu. Pada tubuh orang dewasa terdapat lima puluh triliun sel dan tiga milyar sel tubuh mati setiap menitnya diganti dengan yang baru. Bayangkan tiga milyar setiap menit! SubhanAllah! Maha Suci Allah, Sang Pencipta! Menciptakan manusia dengan baiknya dan dengan pemeliharaan yang baik pula.

Manusia juga dianugerahi sendi dan otot yang memungkinkan tulang-tulang dapat bergerak sesuai dengan perintah. Seperti misalnya pada tangan, kedua tangan kita terdiri dari dua puluh tujuh tulang dan sembilan kelompok otot pada masing-masing dari kedua tangan kita. Dengan segala nikmat yang terdapat pada tubuh kita seharusnya kita selalu bersyukur dan bertambah kekaguman kita kepada Allah dengan penciptaan yang telah Dia lakukan terhadap manusia. Tetapi kemudian bagaimana cara kita beryukur atas nikmat yang telah kita dapatkan? Dengan cara “bersedekah” untuk setiap tulang dan otot kita.


عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ : قَالَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : كُلُّ سُلاَمَى مِنَ
 النَّاسِ عَلَيْهِ صَدَقَةٌ، كُلُّ يَوْمٍ تَطْلُعُ فِيْهِ الشَّمْسُ تَعْدِلُ بَيْنَ اثْنَيْنِ صَدَقَةٌ، وَتُعِيْنُ الرَّجُلَ فِي دَابَّتِهِ فَتَحْمِلُهُ عَلَيْهَا أَوْ تَرْفَعُ لَهُ عَلَيْهَا مَتَاعَهُ صَدَقَةٌ وَالْكَلِمَةُ الطَّيِّبَةُ صَدَقَةٌ، وَبِكُلِّ خُطْوَةٍ تَمْشِيْهَا إِلَى الصَّلاَةِ صَدَقَةٌ وَ تُمِيْطُ اْلأَذَى عَنِ الطَّرِيْقِ صَدَقَةٌ

[رواه البخاري ومسلم ]

Rasulullah SAW bersabda: “Setiap tulang manusia ada sedekah atasnya pada setiap kali matahari terbit. Berlaku adil antara dua orang adalah sedekah, membantu seseorang menunggang kendaraannya atau mengangkatkan barangnya kekendaraannya adalah sedekah, kalimat yang indah adalah sedekah, setiap langkah menuju shalat adalah sedekah, menyingkirkan yang mengganggu di jalan adalah sedekah” (HR. Bukhari dan Muslim melalui Abu Hurairah)

Alhamdulillah, ternyata nikmat yang telah kita dapatkan berupa sistem pergerakan pada tubuh kita pun akhirnya dapat kita gunakan untuk bersedekah bahkan dengan cara yang sangat mudah yang bisa kita lakukan setiap harinya. Sungguh Allah sangat sayang kepada hambaNya. Allah ingin kita menjemput pahalanya, mengamalkan amalanNya dan Allah masih mempermudah itu semua dengan nikmat tubuh yang Dia berikan kepada kita :’

Bahkan semudah mengucapkan kalimat indah dalam keseharian juga termasuk sedekah, banyak sekali pintu amal sedekah yang bisa kita masuki. Jadi, ternyata sedekah tidak hanya sebatas materiil saja, tetapi sedekah jasa menolong orang membawakan barang kekendaraannya juga bisa bahkan kalimat indah dan senyuman manis kepada sesama termasuk sedekah :)

Yuk temen-temen mulai dari sekarang kita bersyukur dan mengagumi nikmat yang Allah berikan yaitu tulang-tulang, sendi, dan otot yang dapat menggerakan tubuh kita menjemput pahala dan cintaNya dengan cara kita bersedekah sekecil apapun itu. Selamat bersedekah! 

يَا أَيُّهَا الإنْسَانُ مَا غَرَّكَ بِرَبِّكَ الْكَرِيمِ (٦) الَّذِي خَلَقَكَ فَسَوَّاكَ فَعَدَلَكَ (٧) فِي أَيِّ صُورَةٍ مَا شَاءَ رَكَّبَكَ (٨

“Hai manusia apakah yang telah memperdayakanmu terhadap Tuhanmu Yang Maha Pemurah? Yang telah menciptakanmu lalu menyempurnakan kejadianmu dan menjadikanmu seimbang; dalam bentuk apa saja yang Dia kehendaki, Dia menyusunmu” (QS. Al-Infithar [82]: 6-8)

Sungguh Maha Kuasa Allah lagi Maha Suci Dia. Demikian Wa Allah A’lam. 


Alhamdulillah tulisan pertama untuk project di bulan Ramadhan kali ini yaitu #OneDayOneHadist. InsyaAllah setiap hari di bulan Ramadhan ini saya akan berusaha untuk menuliskan hadist atau ayat yang ingin saya bagikan keindahan dan kemanfaatan bagi siapa yang mengetahuinya. Semoga dimudahkan Aamiin
Sangat diharapkan diskusi dari pembaca karena saya menyadari masih banyak sekali kekurangan dalam tulisan ini serta referensi ilmu agama saya yang masih sedikit. Terimakasih :)

Sumber Referensi:
Al Qur’an dan terjemahan
Dia Di mana-mana: ”Tangan” Tuhan Di Balik Setiap Fenomena, M. Quraish Shihab, Penerbit Lentera Hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar