5 September 2017

Quarter Life

Hay semuanya! Assalamualaykum wr. wb. :)

Aku ingin menumpahkan sedikit pemikiran yang beberapa akhir ini menghantui. Aku berada dalam posisi sebentar lagi umur 22 tahun besok Januari tanggal 16. Di umur dan di keadaan yang ngebut skripsi-pendadaran-graduation kemudian memasuki tahap hidup yang berikutnya yang kata banyak orang welcome to the real world! Mulai banyak orang-orang dewasa terutama kakakku yang ngasih wejangan, atau aku yang nanya-nanya atau aku kepo-kepo dari kakak tingkat dan sebagainya. Tentu hal tersebut membuat diri ini penuh dengan pandangan-pandangan, rujukan, saran, dan ancaman juga ada. Kalau ancaman lebih banyak dari Mas Hendra sih, selama ini aku merasa diancam, always ditanyain next step hidup kayak aku gaboleh hura-hura dikit wkwk :'(

Ada beberapa hal yang baru aku sadari atau baru aku alami, udah tahu sih hal ini bakal terjadi tapi emang secepat ini ya yaitu teman yang semakin sedikit, bahkan enggak ada. Sekarang sedang pada tahap semua berjalan sendiri-sendiri. Benar-benar sendiri. Jujur aku masih ga nyangka sekarang BETUL-BETUL SENDIRI. coba bayangin misal mau makan udah sendiri, belanja sendiri, jalan sendiri, ngapa-ngapain sendiri. wkwkw alay ya, enggak juga sih aku sedih kok temen-temen udah pergi, sedih banget. Sendiri juga dalam artian bahkan untuk jalur track yang mau aku tempuh pun sudah tidak ada teman. misal mau S2 atau magang dulu atau ngapain dulu. Semua orang udah punya tracknya masing-masing.Yaiyalah! Kalau kata mas Chris: ya emang udah waktunya kalau ngikutin arus terus ga maju-maju nanti. Iyasih kalau gerombol terus ga maju-maju, ga mandiri-mandiri.

Kemudian diingetin next step berikutnya yang namanya membangun karir dan keluarga....dapet wejangan banyak dari mas mbak bahkan contoh dari mereka....tapi kadang merasa itu ancaman juga wkwk. beneran, masku pernah bilang: kalau bisa loe tahun depan(2018) S2 kalau bisa di UK atau Jerman, kalau bisa loe abis itu ada pegangan kerja. terus kalau mbakku: kalau bisa kamu nikah sebelum 25 tahun, kalau bisa membangun keluarga dari dini berjuang bersama, intinya kamu selesai dulu sama faktor terbesar quarter life: berkeluarga. Aku setuju sih tentang membangun keluarga sejak dini itu penting apalagi buat perempuan.

Kalau orang tua: udah jadi dosen aja di yogya nungguin orangtua tinggal di yogya. wkwkwk hidup kayak didrive banyak orang heran, apalagi masku itu dia sering mengancam: sehari setelah kamu dapat skl kamu udah bisa cari uang sendiri, mandiri, dan berarti udah ga tergantung sama orang tua lagi apalagi kita(mas mbak)
hmmmmm bener sih..bener banget..makanya kayak sekarang itu mencoba hidup super hemat dan prihatin. dan mikir-mikir keuangan abis dapet skl darimanaaa.
Alhamdulillah beberapa bulan kemarin diberi kesempatan buat menjelajahi 2 negara dalam satu bulan, tentu banyak pandangan, banyak kesempatan juga. Bahkan untuk setelah graduation ada tawaran magang di salah satu perusahaan multinasional konsultan yang pas ditawari ga ngerti itu perusahaan apa dari namanya ga pernah denger tapi pas googling.....speechless. Sama perasaannya mulas kayak pas dapet email congratulation Unleash Denmark, Alhamdulillah. Allah itu Maha Baik banget. emang ada rencana magang di salah satu perusahaan konsultan atau organisasi internasional yang aku kagumi. Tetapi emang mungkin Allah pengen aku magang di tempat lain yang bahkan aku ga tau itu nama perusahaannya awalnya.

Nah terus selain itu aku beberapa akhir ini kepikiran tentang: ternyata bukan masalah speed hidup seseorang tracknya cepat atau lambat. paham ga? maksutku kayak emang hidup ini bukan sprint, bukan tentang cepet-cepetan kayak ngeswipe ig story, bukan tentang udah dapet apa aja sebanyak apa, apalagi membangun karir..tidak serta merta selancar apa yang dipikirin, kalau kata mbakku: Udahlah nanti kamu juga sadar sendiri hidup ga seindah yang kamu bayangin. Terus kemudian berhenti bermimpi? No bukan itu maksutku tapi lebih ke mending kamu sekarang itu posisinya kerjakan apa yang ada, paham ga? yang ada di depan dikerjakan. membangun karir itu ga segampang yang kamu bayangin long term goal. coba dilihat lagi general goalnya. posisikan diri ini sedang belajar, kamu itu masih kecil masih bodoh masih perlu banyak belajar perlu ditempa. bekerjalah dengan ikhlas, kompeten, profesional, dan menjunjung tinggi integritas. seperti yang dibilang Prof Quraish nih
'Para perempuan boleh bekerja dalam berbagai bidang, di dalam ataupun di luar rumahnya, sendiri atau bersama orang lain, dengan lembaga pemerintah maupun swasta. Yang perlu digarisbawahi adalah selama pekerjaan tersebut dilakukannya dalam suasana terhormat, sopan, serta selama mereka dapat memelihara agamanya, serta dapat pula menghindari dampak-dampak negatif dari pekerjaan tersebut terhadap diri dan lingkungannya.'

Kemudian tentang jodoh? udah berdoa, tawakal sama Allah suatu saat akan dipertemukan pada waktu dan orang yang tepat. Percaya aja skenario Allah itu Maha Baik. Paham kok sama apa yang kamu khawatirin di quarter life crisis ini, jodoh, S2, kerja, ya semua orang juga mengalami.
Diantara semua nasehat itu yang paling pasti adalah:
Jangan pernah luntur imannya, kalau bisa tambah deket terus sama Allah, bersyukur, bersedekah, belajar agama terus. Berdoa di setiap jalan, keputusan, keraguan yang kamu alami agar mendapat ridhoNya atau ketetapanNya. Jangan takut, jangan ngeluh, skenario Allah itu dari jalan mana aja, kalau kata mas: Allah itu ga kekurangan skenario untuk ngebales suatu kebaikan dan ketulusan. Baiklah dalam menjalani hidup. Banyak-banyak senyum, santai, dan bahagia dong mbak Hanum, Allah sayang sama Mbak Hanum :)

'Jangan sedih, jangan mengecilkan cita-cita, jangan rendah diri. Berdoa, jangan mudah terbolak-balik hatinya, teguh pendirian dan jangan lupa action'

2 komentar:

  1. Semangat, hanum! Ayo sama-sama kelarin skripsi, habis itu mau dong sharing-sharing sama kamu ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat juga buat Bari! waah boleh yukyuuk abis skripsi :D

      Hapus